Janji Allah untuk para Muttaqin

Ramadhan yang sebentar lagi akan menyapa kita adalah sebuah madrasah terbesar sejagad, yang sampai saat ini tidak satupun guenest book record ataupun MURI yang mencatat, tapi memang dia tidak perlu yang begituan, karena pada kenyataannya ramadhan akan tetap jadi sebuah madrasah, pelatihan, sebuah training kelas dunia dan akhirat yang akan menempa para pesertanya secara fisik jasadiyah dan mental rohaniyah, dan yang unik dari Ramadhan dari pelatihan lain adalah training langsung di mentoring oleh pribadi-pribadi yang ikut serta di dalamnya, jadi siapa yang siap dan mampu untuk berkompetisi dia yang akan memenangkan anugerah terindah dan terbaik seumur hidup. TAQWA adalah yang didamba oleh setiap peserta kompetisi ramadhan. sungguh teramat mulia dan berharganya prediket ini dengan seabrek hadiah dan janji dari sang pemberi titel Allah rabbuk izzatii
Sungguh teramat banyak hadiah yang akan didapatkan olen para peraih titel ini yang telah tertulis dalam Al Quran diantaranya

1. Furqaan/Pembeda
Hai orang-orang beriman, jika kamu bertaqwa kepada Allah, Kami akan memberikan kepadamu Furqaan[607]. dan Kami akan jauhkan dirimu dari kesalahan-kesalahanmu, dan mengampuni (dosa-dosa)mu. dan Allah mempunyai karunia yang besar.(Al Anfal 29)

furqaan atau pembeda dimana seorang mukmin yang bertakwa akan dikarunia pemahaman dan kepekaan yang mampu membedakan antara mana kebaikan dan mana keburukan. furqaan bisa juga diartikan sebagai alarm iman yang sangat sensitif dimana dia akan langsung bereaksi apabila melihat dan mengetahui kebaikan dia akan langsung bereaksi dengan melaksanakan semua kebaikan itu, sebaliknya kepekaannya terhadap keburukan juga sangat sensitif, hingga tiap ada kejelekan dan keburukan yang akan mendatangkan maksiat dan dosa kepada Allah diapun akan sangat bersegera menghindar dan menjauhinya.

2.Makraja atau jalan keluar dari setiap permasalahan
Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar.(Al Thalaq 2)

Setiap kita pastilah mempunyai permasalahan dalam kehidupan karena memang begitulah sunnatullahnya…setiap kamu pastilah akan di uji, dan sebaik-baik kamu adalah orang yang terbaik amalnya begitu kata Allah swt dalam surah Al mulk, ada saja ujian dan permasalahan yang sering kali muncul dalam kehidupan kita, mungkin bisa dia datang lewat isteri kita, anak-anak kita, pekerjaan dan kondisi perekonomian kita, tetangga kita mungkin, masyarakak kita bahkan bangasa kita sekalipun tidak luput dari yang namanya permasalahan, disinilah karunia Allah terhadapa mukmin yang bertaqwa dengan diberikannya jalan keluar, jalan keluar yang bagaimana…bisa jadi dia datang saat masalah itu datang, ataupun pertolongan Allah datang dalam bebentuk lain, mungkin banyak dari pembaca yang merasakan ini ( rasakan sendiri ya…kalau memang pernah bersyukurlah karena itulah ciri-ciri dari nilai taqwa kita…tapi jangan berbangga dulu, terkadang malah mungkin orang-orang yang di kesehariannya sangat jauh dari tuntunan jalan Allah dengan seabrek kerusakan dan kejahilan yang dia perbuat …eh malah kelihatannya dia jauh dari permasalahan…berhati-hatilah kalau keadaan kita begini, yang kuasa berarti telah sengaja melupakan kita…dan tunggu saja pembalasanya kelak…ini pasti wahai saudaraku…jadi berhati-hatilah).
makhraja atau jalan keluar bisa juga diartikan begini, orang-orang yang bertaqwa itu didalam melalui setiap detik dan jengkal kehidupanya selalu tenang dan menyerahkan semuanya kepada yang memiliki dan menguasai setiap urusan.hatinya tenang dan lapang walau mungkin ujian dan permasalahan datang bertubi-tubi dan silih berganti. hatinya ibarat sebuah telaga jernih yang tidak merasakan riak akibatnya terjatuhnya sebuah kerikil kecil kedalamnya, tapi coba ketika kerikil kecil ini masuk kesebuah gelas yang berisi air riaknya sungguh akan sangat terasa, begitulah mereka orang-orang yang bertaqwa semuanya dijalani dengan keredaan dan ketenangan diri. “Sungguh mengherankan perangai orang-orang yang beriman, ketika mendapat nikmat dia bersyukur dan itu baik buatnya, ketika dia dicoba diapun bersabar dan itupun baik baginya” alhadist.

3 Rezki yang tidak disangka sangka.
dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.(At Thalaq 3).

Begitulah nikmat dan anugerah yang akan diberikan Allah kepada hambanya yang bertaqwa, dan sungguh amat teramat banyak nikmat yang akan dirasakan dan diperoleh oleh para muttaqiin, jadi tunggu apa lagi saudaraku, siapkan diri dan berbekallah…karena sebaik-baik perbekalan adalah taqwa. jalan untuk itu sudah didepan mata, mari persiapkan diri untuk berkompetisi dalam arena ramadhan yang mulia, karena masing-masing kita berhak untuk titel itu….bersiap dan berbekallah….wallahu’alam
Padangpanjang, 13 Agustus 2008

Tinggalkan komentar