Beranda > Refleksi > Jangan rusak puasa kita dengan 4 hal ini …?

Jangan rusak puasa kita dengan 4 hal ini …?

Tak terasa 5 hari sudah kita berpuasa…dan yakinlah umur ramadhan yang 29 atau 30 hari akan berlalu dengan cepat ..coba deh rasakan…trus apakah akan kita biarkan berlalu begitu saja Ramdhan tanpa meninggalkan efek dan imbalan berati buat kita..apakah barangkali kita hanya dapatkan capeknya berpuasa selam 29 atau 30 hari ..capek deh…nauzdibillah tsumm nauzbillah semoga kita terhindar dari yang seperti itu….

saudaraku sebenarnya yang sangat penting kita fahami adalah konsekuensi dari apa yang kita kerjakan hari ini ..feed back nya nanti cuman ada 2 pertama semua yang kita lakukan akan jadi ladang amal saleh yang siap kita panen di akhirat kelak atau semua yang kita lakukan malah menjadi fitnah yang akan mengikis habis semua kebaikan kita, termasuk ibadah puasa yang kita jalani saat ini…akankah puasa dan ramdhan tahun ini akan menjadi puasa yang akan mengantarkan kita menjadi insan dengan gelar penghormatan tertinggi disisi Allah atau sebaliknya kita tidak dapatkan apa-apa.

mari dari sekarang karena belum terlambat maksimalkan puasa dan ramdhan tahun ini dengan menghindari 4 hal berikut yang akan menjadikan puasa kita sebagai fitnah dan penghancur masa depan kita.

  • Berpuasa tanpa keikhlasan, niat adalah kunci utama dari setiap amalan kita saudaraku…….niat yang salah membuat celaka dan niat yang benar akan membawa berkah.

عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ أَبِيْ حَفْصٍ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ

(( إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَ إِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَ رَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَ رَسُوْلِهِ، وَ مَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ ))  [رواه إماما المحدثين أبو عبد الله محمد بن إسماعيل بن إبراهيم بن المغيرة بن بردزبة البخاري و ابو الحسين مسلم بن الحجاج بن مسلم القشيري النيسابوري في صحيحيهما اللذين هما أصح الكتب المصنفة]

Dari Amīr al-Mu’minīn, Abū Hafsh ‘Umar bin al-Khaththāb t, dia menjelaskan bahwa dia mendengar Rasulullah r bersabda:

“Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut” (HR. al-Bukhāriy dan Muslim)

  • Bepuasa tanpa Ilmu, ini penting saudaraku….karena seorang faqih (ahli ilmu agama) lebih ditakuti setan ketimbang 1000 orang ahli ibadah begitu pesan rasul yang mulia. jadi belum terlambat mumpung masih di minggu awal mari kembali pelajari fiqih puasa dan semua hal tentang Ramdhan..tentu saja semua hal tentang keyakinan dan keislaman kita harus kita pelajari karena ini memang fardu a’in bagi kita.
  • Berpuasa hanya menahan makan dan minum serta berhubungan suami isteri,
  • Bepuasa dengan kemalasan, ini terkadang yang menjadi tren puasa menjadi pembenaran terhadap kemalasan dalam setiap gerak dan aktifitas kita selama ramadhan, seolah-olah puasa begitu menjadi beban berat fisik kita, padahal semestinya ramdhan dengan begitu banyak discount dan bonus dari Allah tentunya akan lebih meningkatkan kualitas dan produktifitas kita. kalau hitung-hitungan bisnis tentunya kita akan pilih yang lebih banyak untungnya…nah inilah yang tersembunyi ..oh tidak  lho malah sudah menajdi rahasia umum dan bahkan telah diiklankan jauh-jauh hari kalau sebarek keuntungan akan didapakan didalan Ramadhan….jadi tunggu apa lagi….Maksimalakan ramadhan kita.

Demikian tulisan kali ini. semoga bermanfaat

 

Kategori:Refleksi Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: