Beranda > Refleksi > Sebaik-baik manusia……

Sebaik-baik manusia……


Suatu kali Aisyah.r.a ditanya tentang bagaimanakah akhlak baginda nabi terhadap isterinya…..”akhlaknya adalah al quran”.

Jika saja pertanyaan seperti itu ditanyakan seseorang terhadap isteri kita…kira-kira apa jawabnya…………

Terbayangkah bagi kita apa nanti jawaban isteri ketika ditanya bagaimana akhlak kita terhadapnya, bagaimana ibadah kita….apakah akan seperti jawaban ummul mukminin tadi…atau barangkali bisa jadi dan mungkin saja jawabanya jauh dari yang kita bayangkan….(ya .. apapun jawaban isteri ..itulah gambaran keseharian kita terhadapnya)

Rasul yang mulia pernah berkata ” sebaik-baik kamu (manusia) adalah yang paling baik dengan isterinya…dan aku adalah manuasia yang paling baik terhadap isteri diantara kalian”

Lalu sudahkah pesan sang junjungan ini kita lakukan,………?

Apa yang telah kita perbuat untuk isteri kita….kalau memang dia sangat kita cintai, sangat kita sayangi, sangat kita hargai…apa yang telah kita berikan……..?

Sudahkah maisyah dan harta yang siang malam kita cari dan berikan padanya adalah harta yang halal…. ?

Sudahkah hari-hari kita tercurah untuknya……..?

Terkadang disaat dia butuh kita malah diluar dengan berbagai macam dan beribu alasan ,…ada urusan kantor, lemburlah, atau bahkan mungkin kita malah jauh darinya karena ada tugas luar kota……

Suatu kali saat dia mungkin teramat lelah karena rutinitas….belum lagi pekerjaan kantornya (yang bekerja)yang menumpuk, urusan rumah tangga, mengurus anak-anak kita yang tiap hari tidak pernah dia tinggalkan…..adakah perhatian kita terhadap lelahnya…….

Mungkin barangkali dia ingin berkeluh kesah, bermanja dan ingin berbagi…kita malah tertidur dengan alasan kelelahan akibat banyaknya pekerjaan………

Atau mungkin ketika dia jatuh sakit…..adakah perhatian kita, pernahka kita bertanya ummi sakit apa,,,? ummi kenapa,,,,sudah minum obat …

Atau mungkin karena sedikit keteledorannya…tampa tabayyun kita malah berkata dengan nada tinggi terhadapnya……..

Pernahkah air matanya….menetes karena kita…….sungguh alangkah malangnya dan meruginya engkau wahai suami yang mengaku baik kalau hal ini engkau perbuat

Jadilah suami yang dibaggakan rasul…..meminta maaflah padanya..jika ini pernah kau lakukan ……karena kata maaf akan sangat berarti dan berharga dimatanya…..

Muliakanlah dia yang selalu menjaga amanah dan kepercayaanmu….

Cintailah dia yang dengan sepenuh hati dan keikhlasannya mencintaimu……

Hormatilah dia yang tidak pernah bosan mengurus, menjagamu dan anak-anakmu dengan cintanya……

Tidaklah kau akan merasa bangga ketika dia ditanya tentangmu…..dia menjawab dengan kasih…dan cintanya kalau engkau adalah suami pilihan, suami terbaik, abi dari anak-anaknya adalah orang yang baik…………….suaminya adalah orang yang telah berusaha mengikuti sunnah rasulnya……..

Aduhai manusia yang baik…..sudahkah kau bahagiakan isterimu…hingga kau benar-benar menajdi insan terbaik dimatannya..dimata baginda nabi bahkan dimata sang Khalik……..

1 Juli 2009/ 8 rajab 1430H
Ummi…mohon maafmu…..

Kategori:Refleksi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: