Arsip

Archive for the ‘SIMAK-BMN’ Category

Utilisasi Barang Milik Negara

Mei 10, 2011 Tinggalkan komentar

Utilisasi atau pemanfaatan BMN adalah kegiatan pendayagunaan, atau pemanfaatan BMN untuk kegiatan-kegiatan pendukung kementerian/lembaga baik berorientasi profit/komersil ataupun tidak. didalam peraturan menteri keuangan Nomor 96/PMK.06/2007 tentang Tata cara pelaksanaan penggunaan, pemanfaatan, penghapusan dan pemindahtanganan barang milik negara dijelaskan dengan jelas mengenai tata-cara pemanfaatan BMN baik yang hanya sebagai pendukung pelaksanaa tugas dan fungsi K/L yang bersangkutan ataupun untuk kegiatan komersil berbau profit dan keuntungan yang tentunya semua itu akan menjadi pendapatan negara selain pajak dan cukai sebgaimana selama ini diketahui. memang upaya peningkatan pendapatan negara terus digalakkan salah satunya melaui pendapatan negara yang bersumber dari Barang Milik Negara. diawali dari tahun 2006 dengan Inventarisasi bersama K/L dan BPKP dilanjutkan dengan Revaluasi dan Penilaian kembali oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara pada tahun 2008. sehingga dengan demikian akan dapat diperoleh data yang akurat seberapa besar kekayaan negara berupa BMN yang tentunya memiliki proyeksi pendapatan yang cukup besar.

Utilisasi BMN untuk mendukung pendapatan negara ini berdasarkan PMK 96 tahun 2007 tadi dapat dilakukan dengan pelaksanaan Sewa ataupun kerjasama pemanfaatan (KSP)

Sewa adalah pemanfaatan barang milik negara/daerah oleh pihak lain dalam jangka waktu tertentu dan menerima imbalan uang tunai.

Ketentuan Pokok Penyewaan BMN

1.Yang disewakan adalah BMN idle:
ØTanah/bangunan yang berada pada Pengelola ~ disewakan Pengelola
ØSebagian tanah/Bangunan pada Pengguna ~ disewakan Pengguna dengan persetujuan Pengelola
ØSelain tanah/ bangunan ~ dsewakan Pengguna dengan persetujuan Pengelola.
2.Yang dapat menyewa adalah BUMN, BUMD, Badan hukum Lainnya, Perorangan
3.Jangka waktu maksimum 5 (lima) dan dapat diperpanjang.
4.Perpanjangan jangka waktu sewa dilakukan sbb:
ØPenyewaan oleh Pengelola Barang, perpanjangan dilakukan setelah dilakukan evaluasi oleh Pengelola Barang,

Penyewaan oleh Pengguna Barang, perpanjangan dilakukan setelah dievaluasi oleh Pengguna Barang dan disetujui oleh Pengelola Barang

Begitulah sedikit gambaran tentang penyewaan BMN..sedikit yang menarik dari sewa BMN ini dan menjadi pertanyaan ada PNBP yang bisa dimanfaatkan lagi oleh K/L dan ada yang tidak…contoh kasus di Perguruan Tinggi. PNBP yang bersumber dari dana masyarakat atau penjualan produk pendidikan bisa dimanfaatkan lagi..sementara yang berasal dari BMN tidak bisa dimanfaatkan. terkecuali untuk PT yang telah berstatus PK BLU…mungkin hal ini karena status BMN pada satker BLU telah dialihkan menjadi BMN milik BLU tersebut…mohon penjelasan bagi yang lebih faham masalah ini.

Migrasi BMN

November 13, 2010 Tinggalkan komentar

Masih ingat dengan konversi SABMN ke SIMAKBMN dua tahun lalu…ini lagi yang musti kita lakukan nanti untuk tahun 2011….migrasi BMN dari SIMAK versi 08 ke SIMAK BMN versi 10..yang masih pra lounching….(beta)…inilah tuntutan dari diterapakannnya peraturan baru PMK Nomor 29 Tahun 2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi Barang Milik Negara sebagai pengganti PMK No 97 Tahun 2007……………trus apa aja ya musti kita lakuin agar proses migrasi dari SIMAK yang lama ke yang baru berjalan dengan baik…ok sedikit share ilmu yang di dapetin dari kegiatan sosialisasi PMK 29 tahun 2010 ini di Batam dan Medan

Langkah-langkah Migrasi BMN dengan Aplikasi Migrasi BMN 2010
Baca selengkapnya…

Kategori:SIMAK-BMN Tag:

Penguman Lelang BMN ISI Padangpanjang

Oktober 21, 2010 Tinggalkan komentar

Fuih…..setelah hampir setahun akhirnya proses penghapusan BMN yang kami lakukan mencapai titik final….proses lelang BMN adalah proses puncak penghapusan BMN…walau sebeanrnya masih ada lagi proses setelah itu yakni pelaporan semua proses BMN yang dihapuskan tadi melalui Aplikasi pelaporan SIMAKBMN….
Bagi rekan-rekan pengelola BMN yang belum melakukan proses penghapusan berikut sedikit saya gambarkan proses penghapusan BMN.
1. Inventarisasi dan penilaian BMN di tingkat satker
2. Permohonan rekomendasi ke KPKNL atau DJKN setempat. untuk paket nilai dibawah 500 juta rekomendasi cukup di KPKNL setempat. nilai diatas 500 juta ke DJKN wilayah. untuk lebih jelasnya silahkan baca Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor Kep-01/kn/2008 Tentang Pelimpahan Wewenang Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kepada Kepala Kantor Wilayah dan Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang di Lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara untuk dan atas nama Menteri Keuangan Menandatangani Surat dan/atau Keputusan Menteri Keuangan. yang belum punya silahkan download disini atau bisa juga disini
3. Usulan Penghapusan BMN ke Pengguna Barang. Kementerian/Lembaga
4. SK Penghapusan
5. Permohonan Lelang ke KPKNL
6. Pelaporan di SIMAKBMN

Untuk syarat-syarat Permohonan Rekomendasi sebagai berikut:
1. SK Panitia Peneliti/Penilaian BMN
2. Daftar BMN yang akan dihapuskan dengan nilai limit dari panitia
3. Rekomendasi teknis dari instasi terkait khusus gedung dan kendaraan bermotor
4. Dokumen Kendaraan (BPKB, STNK)
5. Foto BMN
6. Pernyataan Pertanggung jawaban nilai limit oleh KPB

Untuk syarat-syarat Permohonan SK Penghapusan semua data diatas ditambah rekomendasi dari KPKNL/DJKN

Ini sedikit gambaran proses penghapusan BMN yang telah kami lalui ..sampai dengan proses lelang BMN yang insyaAllah tanggal 28 Oktober 2010 ini akan dilaksanakan…oh iya untuk pengumaman paket lelang tergantung nilai paket usulan penghapusan.Nilai paket diatas Rp 30 juta harus diumumkan di koran lho…dan bagi yang berminat ikut lelang di kantor kami berikut pengumaman dan jadwalnya
silahkan lanjut bagi yang mau ikut lelang…..

Kategori:SIMAK-BMN

SIMAKBMN 2010………????

Maret 26, 2010 Tinggalkan komentar
Udah lama ngak posting…ya kebetulan juga sedikit tersibukkan dengan aktifitas ditempat kerja…karena memang seperti biasa saya onlinenya nyambi disela-sela kesibukan…dan kebetulan juga koneksi internetnya emang LOLA…jadinya ya…maklum deh..he…lagian juga agak malas ke warnet kalo tujuannya kurang jelas …karena memang tidak bisa dipungkiri kalo kebiasaan ber internetan ini dikuti terkadang malah ngabisin waktu,umur dan tenaga….mubazir deh….dengan catatan kalo hanya buat main game dan browsing tak karuan…aneh-aneh yang bisa bikin otak dan pikiran bebal..kalut, macam-macam. karena memang tidak bisa dipungkiri juga internet juga malah bikin sukses banyak orang di dunia…hingga bisa jadi milyader malah..sukses finasial dan kehidupannya….ya silahkan pilih…mo yang mubazir dan jadi saudaranya syetan ….”almubazziru ikhwanu syaiton” (eh iya kasih tips dong para bloger gimana caranya biar tulisan yang bertanda kutiptampilnya bahasa arab…thnks)atau yang kedua berinternet sehat,cerdas, positif sembari menghasilkan pundi-pundi kekayaan dan harta…buat yang udah sukses jangan lupa zakat dan sedekahnya…biar lebih barokah…
cukup sekian muqoddimahnya moga bermanfaat terutama bagi saya yang nulis…amiin ya rabb.
kita langsung ke tujuan ya….
Ini dia untuk para rekan operator SAI terkhusus SIMAKBMN simak penjelasan berikut …karena seperti yang kita ketahui bersama kalo memang saat ini Aplikasi SIMAKBMN masih belum mampu nyaingin SAKPA…maksudnya untuk rekon internal SIMAKBMN belum terintegrasi dengan SAKPA 2010…dan juga menurut sumber terpercaya sewaktu kegiatan pelaporan keuangan 2009..kalo akan ada versi terbaru dari SIMAKBMN terkait akan keluarnya peraturan menkeu baru tentang perubahan kodefikasi BMN..jadi untuk sementara jangan gunakan dulu SIMAKBMN versi lama untuk rekon data dengan SAKPA 2010…karena emang ngak nyambung.
Nah ini dia yang kita tunggu…apakah update terbaru ini udah jadi aplikasi SIMAKBMN 2010 atau belum kita lihat aja…tapi kalo dilihat perubahan-perubahan cukup signifikan silahkan pelajari ya
Perubahan SIMAK-BMN Maret 2010
- Perubahan SIMAK-BMN versi maret 2009 terkait perbaikan dan penambahan beberapa menu :
1. Perbaikan menu Daftar BMN yang dihentikan dari penggunaan aktif
2. Penambahan menu Monitoring Data BMN pada menu Buku/ Daftar
3. Penambahan menu History Data BMN pada menu Buku/ Daftar
4. Penambahan menu pengiriman saldo awal ke SAK dalam rangka rekonsiliasi internal BMN vs SAK
5. Perbaikan menu pengiriman tahun berjalan ke SAK

- Perubahan yg cukup signifikan terkait menu pengiriman karena akan digunakan untuk ;
proses rekonsiliasi internal
- Setelah update aplikasi silahkan kirim data saldo awal ke SAK (cukup sekali saja);
kemudian lakukan pengiriman ulang untuk transaksi tahun berjalan mulai januari (kalo ada transaksi BMN)
- File pengiriman ke SAK ada dua macam terkait BMN dan SPM (kalo tidak terkait dengan SPM filenya hanya 1)
- Data BMN yang dikirimkan per jenis transaksi per akun per bulan

- Menu monitoring BMN dapat digunakan untuk verikasi data BMN per NUP

dan untuk mendapatkan updatenya silahkan kesini

Kategori:SIMAK-BMN

UPDATE SIMAK BMN versi Oktober 2009

November 17, 2009 Tinggalkan komentar

Buat rekan-rekan semua ………ditjen Perbendaharaan telah meluncurkan update terbaru untuk aplikasi SAI (SAK-SIMAK BMN) versi November untuk SAK dan versi Oktober untuk SIMAK BMNnya. silahkan meluncur kesana atau langsung download disini untuk SIMAK BMN versi Oktober. demikian infonya untuk fitur tambahan yang bisa didaptkan dari versi terbaru ini cukup lumayan membantu memudahkan proses pekerjaan kita. silahkan coba dan nikamati pekerjaannya..salam

Kategori:SIMAK-BMN

Satu lagi tip akhir tahun…..

November 2, 2009 Tinggalkan komentar

Postinga kali ini kembali saya berikan sedikit tips untuk rekan-rekan operator SIMAKBMN-SAK. ya karena memang diakhir tahun kerjaan kita biasanya numpuk dan terkadang musti dilemburin apalagi kalau ternyata laporan kita rada-rada ada masalah ngak klop lah gitu antara SAK dan SIMAKnya…biasanya ini pasti terletak pada SP2D/SPM…ya karena ini dokumen kunci dari laporan kita….di postingan yang lalu…saya berikan sedikit tip biar kerjaan kita ngak terlalu sibuk bolak-balik arsip SP2D/SPM di keuangan..sekarang ada sedikit trik ngakalin gimana biar kita ngak perlu bolak-balik file…bahkan ngak perlu minta copyian SPM/SP2D ke keuangan..caranya ngak terlalu susah… kita cuman butuh folder back up aplikasi SAK.

caranya…kita butuh tool/program untuk ngebuka databasenya aplikasi SAK…bisa pake tool mysql atau yang paling gampang microsoft visual foxpro..karena emang aplikasinya dibangun pake ini.

pertama kita buka visual foxpronya
open file t_spm di folrder backup yang kita ambil dari aplikasi SAK tadi
setelah berhasil kita hanya perlu MAK 53 (MAK belanja modal) maka diperlukan sedikit perintah sql untuk memanggil data-data tersebut.

perintahnya
SELECT * FROM `t_spm0900` WHERE `KDBKPK`=’53’
Browse

setelah itu cukup import data yang ditampilkan ke format excel
jadi deh….kita dapat lihat semua transaksi belanja modal tanpa harus minta copyan SPM/SP2D ke keuangan. semoga bermafaat silahkan coba……

Kategori:SIMAK-BMN

Sedikit tips menjelang akhir tahun………

Oktober 26, 2009 2 komentar

Wah..tampa terasa ya uda mendekati akhir tahun Anggaran 2009….dan so pasti rekan-rekan yang TUSI (Tugas dan Fungsi) nya sama dengan saya ….dikantor kebagian tugas bikin laporan Aset dan Kekayaan Negara …mulai deh siap-siap dengan kerja lumayan berat..dan barangkali musti dilemburkan. karena seperti biasanya semua pekerjaan numpuknya diakhir tahun anggaran…ini biasanya lho…tapi kelihatannya tahun ini pun sama….ini banyak faktor lho….bukan kita yang operator Aplikasinya yang lelet…tapi terkadang bahan-bahan sumber laporan kita seperti dokumen kontrak, kwitansi, SPM/SP2D keluarnya kalo udah mau tutup tahun…ya ngka bisa disalhakan juga ya…yang bikin SPM….wong pekerjaannya emang blom kelar…itu mungkin ditempat saya ..mudah-mudahan ditempat rekan-rekan semua ngak begitu…
Inilah biang keroknya makanya kita yang di aplikasi SIMAK BMN sebagai ujung tombak pelaporan Aset/Barang Milik Negara..diakhir tahun jadi super sibuk..begitu juga dengan kawan-kawan di SAKPAnya…ya karena memang Aset dan Keuangan ngak mungkin dipisah…karena jadi satu kesatuan dalam SAI….jadi panjang lebar jadinya kita langsung aja ya …

Biasanya pekerjaan mengklopkan laporan diakhir tahun agak rada-rada ribet..dan kadang njelimet..ya karena itu tadi kita yang diaplikasi SIMAK BMN musti bolak-balik arsip dokumen yang terkadang tebalnya …tahu sendiri lah..karena memang dalam dokumen SPM/SP2D yang kita butuhkan bukan hanya SPM/SP2D Pengadaan dan Pembangunan tapi semua bukti pengeluaran…mulai dari gaji, tunjangan dan seaberek kegiatan lain.
kalua misalnya dibolak-balik satu satu lembar tiap-tiap SPM wah…untungnya mungkin kalau sudah ada copian SPM/SP2D yang diberikan rekan di SAK kepada kita……kalau tidak ..akan butuh waktu bolak-balik arsip lember per lembar. ini kasus pertama…yang kedua setalah rekon dengan SAK biasanya akan kelihatan di neraca berapa lagi hutang kita yang belum ke input…ya di neraca akan kelihatan berapa akun peralatan dan mesin yang belum disesuaikan dan juga gedung dan bangunan yang belum disesuaikan..nah ini lagi yang akan kita hadapi…cari lagi deh SPM/SP2D yang belom…nah kalo musti bolak balik lagi…capek deh
Ini biasanya yang saya hadapi..apalagi musti rangkap job…Operator, verikator sampai validator laporan musti kerjakan sendiri. belakangan saya temukan sedikit kemudahan lewat dua aplikasi tadi SIMAK BMN dan SAK…ya daripada harus bolak-balik sedemikian banyak SPM/SP2D mending langsung aja tuju SPM/SP2D yang belum..jadi ngak terlalu repot bolak balik……ya kan bolak-balik juga…hhh..hh emang sih tapi kan ngak seribet kalo kita ngak tau mana yang belum dan mana yang udah …manual banget jadinya…..ya buat rekan-rekan yang uda nyoba tips ini pasti deh ngerasain banyak kemudahan…tidak hanya itu …dengan cara ini proses rekon kita lebih cepat dan kita lebih dengan mudah mendeteksi SPM/SP2D mana aja yang belum…sekaligus kesalahan belanjapun mudah kita deteksi…caranya ngak ribet-ribet amat masih legal kok…artinya kita ngak main belakang (kayak rekan-rekan yang ngerti program biasanya sih pada main belakang..hhh.hhh) tapi yang ini tetap di aplikasi….kok

Pertama kita cetak neraca masing-masing laporan (SIMAK dan SAK)pilh pertanggal atau semesteran…terserah rekan-rekan deh sesuaikan aja dengan kondisi laporan masing-masing.

untuk SIMAK BMN kita cetak daftar SPM/SP2D..caranya udah tahu kan ..menu utility- kirim ke SAKPA cetak daftar SPM/SP2D

untuk SAK nya kita cetak buku besar SAI..caranya menu laporan- buku besar-pilih neraca.

Ok deh hanya itu..lalu cek deh mana SPM/SP2D yang belum, so dijamin deh kerjaan rekan-rekan akan lebih gampang dan cepat dari biasanya… dan setelah itu lanjutkan deh buat CRBM dan CALK nya….pokoknya terbantu deh…silahkan nyoba ..buat yang belum..yang udah kalo ada tips lain sharing ya….

Kategori:SIMAK-BMN